Informasi Seputar Wisata Dan Tips nya

Wisata Menelusuri Dunia Gaib


Wisata Mistis, Jalan-jalan Menelusuri Dunia Gaib
Keinginan para traveler untuk jalan-jalan dan bertualang, ternyata bukan hanya karena keindahan alam saja. Misteri, dunia gaib dan kisah seram, melahirkan wisata mistis yang rupanya memiliki penggemarnya tersendiri.

Wisata mistis adalah sebuah wisata alternatif yang bisa dibilang ada di luar mainstream wisata pada umumnya. Bagaimana tidak, ketika wisatawan biasa pergi ke tempat indah atau bersejarah, pelaku wisata mistis malah pergi ke tempat seram.

Jangan bayangkan ini hanya terjadi di Indonesia yang memang masih banyak orang percaya dengan dunia mistis. Di negara maju seperti di Jepang, Inggris, dan AS, wisata mistis pun dilakukan wisatawan dan bahkan memiliki operator wisata yang profesional.

Cronus Travel Wisata Mistis akan mengupas bagaimana sesuatu yang seram justru malah memiliki potensi wisata di sana. Layaknya dunia traveling modern, wisata mistis juga seringkali lahir dari komunitas. Di Indonesia ada Komunitas Wisata Mistis dan di Inggris ada penulis buku mistis yang membuka operator tur.

Destinasi yang dikunjungi adalah tempat yang dinilai memiliki nuansa supranatural. Tempat itu diyakini ada mahluk gaib, kisah hantu, sampai urban legend sekalipun. Mau ikutan wisata mistis pun tidak sembarangan, setidaknya dilakukan secara berkelompok dan memiliki keberanian.

Tempatnya bisa saja museum, bangunan bersejarah, gua, hutan yang secara umum didatangi juga untuk wisata alam dan sejarah, namun ada nuansa mistisnya. Bisa juga, tempat itu bukan tujuan destinasi wisata umum sama sekali.

Pelabuhan Ratu, Pangandaran, Gua Jepang di Bandung, mungkin adalah beberapa tempat wisata mistis di Indonesia. Di Jakarta, ada Pemakaman Jeruk Purut yang sering jadi tujuan anak muda berwisata mistis.

Wisata mistis memang di luar pakem pariwisata, belum lagi masalah standar keamanan dan apakah operatornya bisa dinilai profesional atau tidak. Namun di luar negeri, wisata mistis sudah mulai digarap serius sebagai wisata yang alternatif.

Beijing punya paket tur wisata mistis berbahasa Inggris. Tokyo juga punya paket tur wisata mistis dengan berbagai tema menyusuri berbagai sudut ibukota Jepang itu. Amerika Serikat punya beberapa destinasi yang dijual sebagai wisata mistis, dan itu merupakan bangunan semacam hotel tua, museum dan tempat bersejarah.

Hongkong juga punya beberapa bangunan berhantu, namun belum sampai dijadikan paket wisata. Beberapa pulau yang dinilai berhantu di Kanada, Italia, Filipina juga relatif menjadi destinasi wisata yang berdiri sendiri-sendiri.

Sebagai wisata yang anti mainstream, untuk saat ini cukuplah wisata mistis diperlakukan sebagai wisata minat khusus dan wisata alternatif. Jangan dulu wisata mistis dijadikan jualan utama karena banyaknya standar pariwisata yang rasanya masih sulit untuk dipenuhi.

Meski demikian, keberadaan wisata mistis menambah warna dan kekayaan pilihan berwisata di suatu kota atau destinasi. Karena, desir adrenalin terkadang menjadi bumbu yang dicari wisatawan dan para petualang apapun caranya.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

ARSIP BLOG

POSTING BARU