Informasi Seputar Wisata Dan Tips nya

"Tarusan Kamang" Danau Terunik Di Indonesia


Nama Danau Tarusan sendiri memang masih belum banyak dikenal oleh orang Indonesia.layaknya seperti Danau Maninjau, Singkarak, atau danau Toba yang sangat familiar di telinga. Namun danau ini memiliki keunikan tersendiri bagi saya yang memang letak danau ini berdekatan dengan rumah saya. 

Kalau anda ingin menyempatkan diri mengunjungi danau ini maka setidaknya anda akan tertarik dengan fenomena yang terjadi di danau tersebut. Salah satu keunikan yang terjadi pada danau ini adalah terjadinya pasang surut seperti lazimnya air laut. 

Kalau anda bertanya kenapa bisa terjadi ? Sampai saat ini belum ada orang yang bisa menjelaskan fenomena tersebut. Pernah saya mengunjungi danau tersebut pada musim penghujan malah nampak danau tersebut kering entah kemana pergi larinya air danau tersebut,begitu juga sebaliknya kadang dimana musim kemarau kondisi terlihat didanau sampai menggenang hingga ketepi jalan.

Pernah saya tanyakan pada beberapa masyarakat setempat tentang kondisi danau tersebut mereka belum bisa menjelaskan bagaimana hal tersebut bisa terjadi, dan katanya pernah ada seorang peneliti dari Jepang mengatakan bahwa dibawah danau tersebut menyimpan kandungan yang perlu diteliti lebih mendalam lagi.

Terlepas dari semua fenomena tersebut ada baiknya anda sendiri berkunjung ke danau ini untuk membuktikan sendiri keadaan danau Tarusan tersebut.
Danau tarusan ini terletak diwilayah kamang magek,Kabupaten Agam.Propinsi Sumatera Barat.Banyak pengunjung setiap harinya yang akan anda temui untuk berfoto ria mengabadikan keindahan danau ini. Apalagi waktu musim libur tiba hingga sampai liburan lebaran maka danau ini terasa penuh sesak.

Anda juga akan menemui hamparan rumput hijau yang membentang di tepian danau Tarusan.Disinilah tempat kebanyakan dijumpai pengunjung melakukan foto ria,dan bersantai.Anda juga bisa merasakan berlayar diatasnya dengan perahu yang disewakan.Kalau pas air menggenang anda tidak akan menjumpai pulau kecil ditengahnya,namun jika pas agak surut anda bisa menjumpai pulau tersebut dan bisa menginjakkan kaki diatasnya. 

Pada waktu air dijumpai tidak ada sama sekali di danau tersebut,kebanyakan masyarakat setempat membuat kolam ikan yang besarnya kolam dibagi sesuai kepemilikannya.Kami disini juga belum bisa menentukan kapan dan musim apa tentang ada tidaknya fenomena pasang surut air danau tersebut. Sayangnya Danau tarusan ini belum diberdayakan secara maksimal oleh pemerintah daerah,tentang fasilitas dan akomodasi bagi pengunjung luar daerah yang ingin berlama lama di danau tarusan ini. Untuk memasuki Area Danau ini anda akan dikenakan karcis yang ditentukan oleh sebagian masyarakat setempat untuk pengelolaan yang mungkin belum seutuhnya maksimal terhadap tempat wisata danau tarusan tersebut.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

POSTING BARU