Koreksi Nama
Rute domestik: Diperkenankan mengoreksi nama atau jenis kelamin dengan batasan maksimal 3 karakter dan dikenakan biaya administrasi Rp20.000
Rute internasional: Koreksi nama maks. 5 karakter dikenakan biaya IDR 100,000/USD 10/MYR 50. Koreksi lebih dari 5 karakter dikenakan biaya IDR 250,000/USD 20/MYR 100.
Harus dilakukan melalui Call Center Sriwijaya Air: 0804-1-777-777 atau 021-2927-9777
Reroute
Harus dilakukan melalui Call Center Sriwijaya Air: 0804-1-777-777 atau 021-2927-9777
Kelas C, D, I, Y, S, W, H, B, K, L, M, N, Q, T, V, G, E, X Rute Domestik: Bisa
Kelas U, O Rute Domestik: Tidak bisa
Seluruh Kelas Rute Internasional: Tidak bisa
Ketentuan Reroute lainnya:
Reroute hanya dilakukan sepanjang tiket masih berlaku
Reroute memperhitungkan nilai tiket lama, apakah ada cancellation fee atau no show fee
Reroute tidak mengembalikan nilai tiket lama jika terdapat kelebihan
Kelas pada tiket baru minimal sama dengan kelas pada tiket lama
Harga di tiket baru adalah harga sesuai rute yang baru
Reroute dikenakan biaya administrasi reissue tiket Rp20.000 per tiket
Reschedule
Melalui Cronus Travel
Lebih dari 30 jam sebelum keberangkatan, reschedule dapat dilakukan melalui Cronus Travel. Perubahan akan dikenakan Biaya Reschedule Rp35.000 per penumpang per segmen dan airline fees.
Melalui Sriwijaya Air
Kurang dari 48 jam sebelum keberangkatan, reschedule harus dilakukan melalui Call Center Sriwijaya Air: 0804-1-777-777 atau 021-2927-9777
Upgrade kelas akan mengikuti ketentuan upgrade Sriwijaya Air
Tiket yang sudah check-in akan dianggap hangus
Kelas Ekonomi Y, S, W, H, B, K, L, M, N, Q, T, V, G, E, X, U, O Rute Domestik:
Lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan, reschedule dikenakan biaya pembatalan 25% dari tarif dasar
Antara 72 jam hingga 48 jam sebelum keberangkatan, reschedule dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar
Antara 48 jam hingga 24 jam sebelum keberangkatan, reschedule dikenakan biaya pembatalan 60% dari tarif dasar
Antara 24 jam hingga 12 jam sebelum keberangkatan, reschedule dikenakan biaya pembatalan 70% dari tarif dasar
Antara 12 jam hingga 4 jam sebelum keberangkatan, reschedule dikenakan biaya pembatalan 80% dari tarif dasar
Kurang dari 4 jam sebelum keberangkatan, reschedule dikenakan biaya pembatalan 90% dari tarif dasar
Untuk rute domestik, reschedule juga dikenakan biaya rebook sebesar Rp50.000/$5/RM20 dan biaya reissue Rp20.000 per tiket
Kelas Executive I, D, C Rute Domestik:
Dapat dilakukan kapan saja, tanpa biaya pembatalan
Seluruh Kelas Rute Internasional:
Reschedule harus dilakukan sebelum tiket kedaluwarsa
Kurang dari 24 jam sebelum keberangkatan, reschedule dikenakan biaya pembatalan sebesar Rp250.000/$20/RM100
No-Show dikenakan biaya pembatalan sebesar Rp350.000/$30/RM150
Biaya reissue: Rp50.000/$5/RM20 per tiket
Ketentuan reschedule maju (berangkat lebih awal) diperbolehkan, dengan catatan:
Seat masih tersedia
Jika terjadi upgrade, maka mengikuti ketentuan upgrade
Masa berlaku tiket dihitung mulai dari tanggal baru (jika reissue)
Ketentuan Upgrade tiket dalam Reschedule:
Kelas X, E, G, V Rute Domestik: Min. 2 kelas ke atas
Kelas T, Q, N, M, L, K, H, B, W, S, Y Rute Domestik: Min. 1 kelas ke atas
Kelas G, E, X, O, U, N, Q, T, V, K, L, M Rute Internasional: Min. 2 kelas ke atas
Kelas W, B, H, S, Y Rute Internasional: Upgrade hanya bisa dilakukan ke kelas yang tersedia
Executive Class I, D, C Rute Domestik dan Internasional tidak berlaku upgrade. Jika kelas sesuai tiket full namun seat masih tersedia, maka dapat diajukan rebook ke kelas sesuai tiket (same class).
Upgrade untuk tiket rute domestik dikenakan biaya admin reissue tiket Rp20.000 per tiket
Untuk permintaan upgrade tiket dari kelas Ekonomi ke kelas Executive, tidak dikenakan biaya admin reissue tiket
Pembatalan & Refund
Biaya refund akan dihitung dari tarif dasar
Tiket yang sudah check-in dianggap HANGUS
Late check-in dikenakan biaya no show
Biaya admin void e-tiket: Rp20.000 per dokumen
Kelas X, E, G, V, T, Q, N, M, L, K, H, B, W, S, Y Rute Domestik :
Lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan 25% dari tarif dasar
Antara 72 jam hingga 48 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar
Antara 48 jam hingga 24 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan 60% dari tarif dasar
Antara 24 jam hingga 12 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan 70% dari tarif dasar
Antara 12 jam hingga 4 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan 80% dari tarif dasar
Kurang dari 4 jam sebelum keberangkatan atau No-Show, dikenakan biaya pembatalan 90% dari tarif dasar
Kelas I, D, C Rute Domestik:
Lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan sebesar 25% dari tarif dasar
Antara 72 jam hingga 4 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan sebesar 50% dari tarif dasar
Kurang dari 4 jam sebelum keberangkatan atau No-Show, dikenakan biaya pembatalan sebesar 50% dari tarif dasar
Kelas X, E, G, U, O Rute Internasional:
Tidak diperbolehkan
Kelas V, T, Q, N, M, L, K, H, B, W, S, Y, I, D, C Rute Internasional:
Lebih dari 24 jam sebelum keberangkatan, refund tidak dikenakan biaya apa pun
Kurang dari 24 jam sebelum keberangkatan, dikenakan biaya pembatalan $20
Setelah No-Show, dikenakan biaya pembatalan $30
Ketentuan refund lainnya:
Refund hanya dapat diproses sepanjang belum melewati masa berlaku tiket (lihat di bagian selanjutnya) dan status tiket "open for use".
Tiket yang habis masa berlakunya, menjadi kedaluwarsa dan tidak dapat diuangkan
Refund dapat dilakukan hingga maks. 2 hari setelah tiket kedaluwarsa
Tiket dengan harga langsung (through fare) tidak dapat diuangkan sebagian
Untuk refund tiket dengan multi segment, maka segment yang akan diuangkan dapat diterima setelah segment lain diterbangkan (Refund mengikuti masa berlaku pada tiket segment tanggal kepulangan)
Masa Berlaku Tiket
Ketentuan refund juga tergantung pada masa berlaku tiket, yang berbeda-beda untuk tiap kelas:
Rute Domestik:
Kelas X, E: 3 hari
Kelas G, V: 7 hari
Kelas T, Q: 14 hari
Kelas N, M: 21 hari
Kelas L, K: 1 bulan
Kelas H, B: 2 bulan
Kelas W, S, Y: 3 bulan
Kelas I, D, C: 3 bulan
Tiket tidak terpakai setelah masa berlaku habis menjadi kadaluwarsa
Rute Internasional:
Kelas X, E, G, O, U, V, T, Q, N: 1 bulan
Kelas M, L, K: 3 bulan
Kelas H, B, W: 6 bulan
Kelas S, Y, I, D, C: 1 tahun
Tiket tidak terpakai setelah masa berlaku habis menjadi kadaluwarsa
Ketentuan Bayi (Infant)
Tiket Infant harus disesuaikan jika terjadi perubahan pada tiket dewasa termasuk reroute, upgrade, dll.
Masa berlaku tiket Infant untuk Kelas Y/C adalah 3 bulan
Refund tiket bayi Kelas Eksekutive (I, C, D) diberikan full refund
Refund tiket bayi hanya dikenakan biaya refund sebesar Rp20.000
Untuk rute internasional, refund tiket bayi hanya dikenakan biaya pembatalan sebesar $5
Lainnya
Pihak Sriwijaya berhak melakukan pengubahan jadwal penerbangan atau membatalkan penerbangan jika dianggap perlu demi alasan keselamatan, teknis ataupun komersil. Pihak Sriwijaya akan mengusahakan secepat mungkin untuk menyediakan peralihan dan armada pengganti. Hal ini akan diumumkan kepada para penumpang melalui pengumuman di bandara ataupun via telepon dan dilakukan oleh pihak Sriwijaya secara langsung.
Untuk alasan force majeure, refund dapat dilakukan dengan biaya sebesar 15% dari tarif dasar
0 komentar:
Post a Comment